Cara Memperbaiki Kamera Gagal Pada Samsung Galaxy



Kami telah mendengar banyak laporan tentang pesan kesalahan 'Warning: Camera Failed' Warning : Kamera Gagal yang terjadi pada perangkat Android, dan tampaknya paling sering terjadi pada pemilik Samsung. Kabar baiknya adalah bahwa sementara itu menjengkelkan, kemungkinan masalah perangkat lunak daripada kesalahan dengan kamera Anda. Berikut cara memperbaiki 'kamera gagal' pada perangkat Samsung Galaxy.

Langsung ke:

  • Perbaiki 'Kamera Gagal' pada Samsung Galaxy S9 / S9 +
  • Perbaiki 'Kamera Gagal' pada Samsung Galaxy S8 / S8 +
  • Perbaiki 'Kamera Gagal' pada Samsung Galaxy S7 / S7 Edge
  • Perbaiki 'Kamera Gagal' di Samsung Galaxy S6 / S6 Edge
  • Perbaiki 'Kamera Gagal' di Samsung Galaxy S5
  • Perbaiki 'Kamera Gagal' pada Samsung Galaxy S3 atau S4


Langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini tidak sulit atau memakan waktu, tetapi Anda harus memastikan perangkat Anda memiliki daya baterai yang layak sebelum Anda mencobanya. Jika tingkat baterai terlalu rendah, kamera sering tidak berfungsi, jadi ada baiknya Anda memutuskannya sebelum mulai mencoba hal lain. Dalam kebanyakan kasus, solusi ini tidak melibatkan kehilangan foto atau data dari perangkat Anda, tetapi kami menyarankan untuk mencadangkan apa pun yang Anda tidak ingin kehilangan, terutama jika sampai pada titik di mana Anda perlu melakukan reset pabrik.

Cara memperbaiki 'Kamera Gagal' di Android: Samsung Galaxy S9 / S9 +

Bahkan iterasi terbaru dari flagship Samsung Galaxy S tidak kebal dari kesalahan ini, membuat semua lebih frustasi oleh peralatan kamera Galaxy S9 dan S9 + yang fantastis (dan mahal). Hal pertama yang pertama. Coba nyalakan ulang ponsel Anda dan pastikan aplikasi Anda terbarui dengan membuka Google Play store dan memeriksa Aplikasi & game saya .

Perbaiki 'Kamera Gagal' pada Samsung Galaxy S9 / S9 +

Bersihkan cache aplikasi kamera

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi 
  2. Temukan dan ketuk aplikasi Kamera
  3. Ketuk Penyimpanan
  4. Pilih Bersihkan cache

Hapus data aplikasi kamera

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi 
  2. Temukan dan ketuk aplikasi Kamera
  3. Ketuk Penyimpanan
  4. Pilih Hapus data
Boot ke mode aman

Terkadang aplikasi kamera pihak ketiga dapat menyebabkan masalah dengan aplikasi kamera default. Boot ke safe mode (yang menonaktifkan perangkat lunak pihak ketiga) adalah cara terbaik untuk mengidentifikasi apakah masalah tersebut disebabkan oleh aplikasi kamera pihak ketiga. Anda kemudian dapat menghapus aplikasi masalah untuk menyelesaikan masalah.


  1. Matikan perangkat sepenuhnya.
  2. Tekan dan tahan sampai logo muncul
  3. Setelah logo muncul untuk melepaskan tombol power dan tekan dan tahan tombol volume bawah
  4. Lepaskan tombol ketika mode aman muncul di bagian bawah layar perangkat Anda

Bersihkan cache sistem


  1. Matikan perangkat
  2. Tekan dan tahan tombol volume naik, tombol Bixby dan tombol power
  3. Saat layar dengan pesan Tanpa perintah muncul, ketuk layar
  4. Gunakan tombol volume untuk menyorot menghapus partisi cache dan menggunakan tombol daya untuk memilihnya
  5. Pilih ya untuk konfirmasi


Reset pabrik(Factory Reset)

Reset pabrik(Factory Reset) melibatkan pengembalian perangkat ke perangkat lunak default, yang akan menghapus semua data dan file Anda, jadi pastikan Anda telah membuat cadangan sebelum mencoba ini.


  1. Matikan perangkat
  2. Tekan dan tahan tombol volume naik, tombol Bixby dan tombol power
  3. Saat layar dengan pesan Tanpa perintah muncul, ketuk layar
  4. Gunakan tombol volume untuk menyorot penghapusan data / reset pabrik dan gunakan tombol daya untuk memilihnya
  5. Pilih ya untuk konfirmasi


Cara memperbaiki 'Kamera Gagal' di Android: Samsung Galaxy S8 / S8 +

Samsung Galaxy S8 adalah kerabat dekat pendahulunya, Galaxy S7, jadi pertama-tama Anda juga harus mencoba langkah-langkah untuk S7 untuk melihat apakah mereka menyelesaikan masalah kegagalan kamera. Jika ini tidak berhasil, ada metode tambahan berikut yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah ini pada Galaxy S8:
Perbaiki 'Kamera Gagal' pada Samsung Galaxy S8 / S8 +


  • Terkadang aplikasi yang ketinggalan zaman dapat menyebabkan masalah ini. Pastikan semua aplikasi di perangkat Anda diperbarui. Buka Google Play store dan buka 'Aplikasi & game saya' untuk memeriksa aplikasi apa yang diperbarui dan mana yang harus diperbarui. Setelah memperbarui aplikasi, periksa apakah masalah kamera teratasi.
  • Boot Galaxy S8 ke mode aman. Pertama, matikan perangkat sepenuhnya. Selanjutnya, tahan tombol power hingga logo Samsung muncul di layar. Kemudian tahan tombol volume hingga ponsel selesai restart dan 'safe mode' muncul di sudut kiri bawah layar. Jika kesalahan 'Kamera Gagal' tidak terjadi dalam mode aman, maka beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah. Hapus instalan aplikasi satu per satu sampai Anda mengetahui yang bertanggung jawab, mulai dengan yang diinstal tepat sebelum kegagalan kamera dimulai.



Cara memperbaiki 'Kamera Gagal' di Android: Samsung Galaxy S7 / S7 Edge

Coba semua langkah ini secara berurutan, sampai salah satunya memperbaiki masalah kamera ponsel Anda:
Perbaiki 'Kamera Gagal' pada Samsung Galaxy S7 / S7 Edge


  1. Mulai ulang ponsel.
  2. Jika memulai ulang tidak berhasil, kosongkan cache dan data aplikasi kamera dengan  Pengaturan> Aplikasi> Manajer aplikasi> Aplikasi kamera . Lalu ketuk Force Stop , dan pergi ke  menu Storage , di mana Anda memilih Clear Data dan Clear Cache .
  3. Jika menghapus data aplikasi kamera dan cache tidak berfungsi, hapus partisi cache Anda. Matikan ponsel, tekan tombol Power, Home, dan Volume Up dan tahan sampai Anda melihat logo Samsung muncul di layar dan ponsel beralih ke mode pemulihan. Gunakan tombol Volume turun untuk bergulir ke Wipe Cache Partition dan kemudian tekan tombol Power untuk memulai. Setelah selesai, hidupkan ulang ponsel Anda.
  4. Jika semua itu tidak berhasil, masalahnya mungkin ada hubungannya dengan Smart Stay. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa tampaknya ada kesalahan perangkat lunak ketika kamera belakang mulai, tetapi hanya ketika fungsi ini aktif, kemungkinan karena Smart Stay sudah menggunakan kamera depan untuk mendeteksi ketika Anda melihat layar sehingga tetap di. Buka menu pengaturan tampilan ponsel Anda dan matikan Smart Stay untuk memperbaiki masalah sementara. Perbaikan jangka panjang untuk ini, menurut Samsung, adalah untuk memastikan perangkat lunak ponsel Anda mutakhir, karena masalah perangkat lunak telah diperbaiki di salah satu pembaruan.


Cara memperbaiki 'Kamera Gagal' di Android: Samsung Galaxy S6 / S6 Edge

Laporan kesalahan 'kamera gagal' pada Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge jarang terjadi, tetapi beberapa pengguna mengalaminya. Dalam kebanyakan kasus, masalahnya tampaknya adalah aplikasi pihak ketiga yang mengacaukan segalanya, jadi boot ke mode aman adalah cara untuk menguji itu:

Perbaiki 'Kamera Gagal' di Samsung Galaxy S6 / S6 Edge


  1. Matikan telepon Anda
  2. Tekan dan tahan tombol Daya dan, ketika logo Samsung muncul, lepaskan dan tahan tombol Volume Turun.
  3. Ponsel Anda sekarang harus restart dalam mode aman.

Jika kamera berfungsi dalam mode ini, Anda tidak memiliki masalah perangkat keras atau firmware. Sayangnya jika itu tidak bekerja dalam safe mode, maka Anda mungkin melakukannya. Jangan terburu-buru ke pengecer Anda dulu: cobalah langkah-langkah yang dijelaskan di atas terlebih dahulu. Dalam banyak kasus, reset pabrik(factory reset) dapat memberikan tendangan yang dibutuhkan perangkat Anda untuk menyelesaikan masalah kamera.

Cara memperbaiki 'Kamera Gagal' di Android: Samsung Galaxy S5
Perbaiki 'Kamera Gagal' di Samsung Galaxy S5

Jika Anda memiliki Samsung Galaxy S5 , kami memiliki kabar baik dan kabar buruk tentang ini. Berita baiknya adalah ada kemungkinan sangat besar kesalahan gagal kamera memiliki penyebab dan solusi yang sama seperti pada S3 dan S4. Berita buruknya adalah ada kemungkinan kecil bahwa perangkat Anda mungkin sebenarnya memiliki kesalahan perangkat keras; sejumlah perangkat S5 menderita kamera rusak.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, tetapi jika tidak ada yang berfungsi, maka Anda mungkin perlu berbicara dengan pengecer, operator atau Samsung itu sendiri, tergantung dari siapa Anda membeli S5.

Cara memperbaiki 'Kamera Gagal' di Android: Samsung Galaxy S3 atau Samsung Galaxy S4
Dalam banyak kasus, kesalahan 'kamera gagal' terjadi karena aplikasi Kamera menjadi agak berantakan. Anda sering dapat menyelesaikannya dengan sedikit perawatan rumah tangga.



  1. Buka Pengaturan> Manajer Aplikasi lalu geser ke kiri untuk Semua Aplikasi.
  2. Gulir ke bawah ke aplikasi Kamera dan ketuk di atasnya.
  3. Sekarang ketuk Force Stop, lalu Clear Cache, lalu Clear Data
  4. Jangan khawatir: ini tidak akan menghapus foto Anda, tetapi itu akan menghapus pengaturan kamera Anda sehingga Anda harus mengaturnya lagi.
  5. Mulai ulang ponsel Anda dan lihat apakah itu berhasil.

Jika tidak, langkah kedua adalah menghapus partisi cache. Untuk melakukannya:


  1. Matikan telepon Anda dan kemudian tekan dan tahan Volume Naik, Daya dan Rumah.
  2. Setelah telepon bergetar, lepaskan Daya tetapi tetap tekan dua tombol lainnya.
  3. Setelah Anda melihat layar Android Recovery, navigasikan ke Wipe Cache Partition menggunakan tombol volume turun dan gunakan Power untuk memilihnya.
  4. Ini tidak akan menghapus data Anda tetapi harus mengatur ulang cache aplikasi, yang seharusnya menyelesaikan masalah.

Tidak ada? Waktu untuk opsi nuklir: reset pabrik . Pastikan Anda mengambil cadangan apa pun yang Anda butuhkan terlebih dahulu, karena ini akan mengembalikan ponsel Anda ke kondisi pabrik-segar tanpa ada barang-barang Anda di dalamnya.

Masih tidak ada sukacita? Dump aplikasi sekaligus dan coba Google Camera yang luar biasa (diperlukan KitKat atau yang lebih baru) atau salah satu dari banyak aplikasi kamera pihak ketiga yang luar biasa di luar sana. Baca ulasan dengan seksama: beberapa aplikasi kamera lebih baik daripada yang lain. Tidak ada gunanya memasang yang lumpuh.

Pernahkah Anda menemukan kesalahan 'kegagalan kamera' yang terkenal di perangkat Android Anda? Apakah itu pada Samsung atau pada sesuatu yang lain sama sekali? Apakah aplikasi pelakunya, atau apakah Anda harus membawa perangkat kembali ke toko? Beri tahu kami di komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel