-->

[Memperbaiki] Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Android adalah sistem operasi seluler terkenal yang diyakini banyak orang sebagai yang paling stabil.0 Sayangnya, Android memang memiliki banyak masalah yang bisa membuat frustasi bagi sebagian dari kita. Salah satu masalah Android paling umum yang banyak mengalami kesulitan menemukan solusi adalah kesalahan dengan layanan Google Play .

Dari waktu ke waktu, beberapa pengguna Android akan mengalami kesalahan layanan Google Play pop-up. Dalam kesalahan itu, ia menyatakan " Sayangnya, Layanan Google Play telah Berhenti, " yang berarti bahwa bagian penting dari layanan Google Play tidak berfungsi. Hal ini dapat terjadi terutama jika Anda mencoba memainkan aplikasi game atau meluncurkan aplikasi yang bergantung pada layanan Google Play dengan sistem yang sudah ketinggalan zaman. Jika Anda mengalami kesalahan ini, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Berikut cara memperbaiki kesalahan 'Sayangnya Layanan Google Play telah berhenti'.

  1. Mulai ulang perangkat
  2. Pastikan Layanan Google Play terbaru
  3. Hapus cache & data dari Layanan Google Play
  4. Hapus cache & data Play Store
  5. Periksa koneksi data Anda
  6. Reset pabrik

Memperbaiki kesalahan Google Play telah berhenti itu mudah, namun, ada beberapa kasus yang tidak dapat diperbaiki.

Layanan Google Play hanya berfungsi dengan menghubungkan aplikasi ke layanan Google lainnya. Selain itu, yang terbaik untuk dicatat bahwa Layanan Google Play tidak sama dengan aplikasi Google Play Store, dan disertakan dengan Android.

Selain itu, tidak menguras baterai perangkat lebih cepat atau bahkan menghabiskan paket data seluler. Anda juga tidak dapat memaksa berhenti atau mencopot pemasangan layanan Google Play.

Jika Anda mengalami kesalahan ini dengan ponsel cerdas atau tablet Android Anda , berikut adalah 6 langkah mudah untuk memperbaiki masalah ini.

1. Mulai ulang perangkat

Terkadang, reboot perangkat sederhana akan berhasil. Ada kasus di mana layanan Google Play disadap karena alasan tertentu yang mencegah beberapa aplikasi berfungsi dengan baik. Restart perangkat sederhana untuk membersihkan cache, RAM , dan membuat sistem melakukan boot bersih terkadang memperbaiki masalah ini.

Jika ini tidak memperbaiki masalah, lanjutkan ke metode berikutnya.

2. Pastikan Layanan Google Play terbaru

Layanan Google Play yang ketinggalan zaman juga merupakan penyebab umum yang menyebabkan kesalahan tersebut. Untuk memperbarui layanan Google Play perangkat Anda:
  1. Di ponsel atau tablet Android Anda , buka aplikasi Setelan Pengaturan .
  2. Ketuk  Aplikasi & notifikasi lalu Lihat semua aplikasi .
  3. Gulir ke bawah dan ketuk  Layanan Google Play .
  4. Gulir ke bawah dan ketuk  Detail Aplikasi .
  5. Ketuk  Perbarui  atau  Instal . Jika Anda tidak melihat opsi ini, ikuti langkah-langkah di Langkah 2 dan Langkah 3.
3. Hapus cache & data dari Layanan Google Play

Dalam beberapa kasus, memulai ulang atau memperbarui bukanlah perbaikan yang berlaku. Anda dapat mencoba membersihkan cache dan data Layanan Google Play perangkat Anda.
  1. Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Setelan Pengaturan.
  2. Ketuk  Aplikasi & notifikasi lalu Lihat semua aplikasi .
  3. Gulir ke bawah dan ketuk  Layanan Google Play .
  4. Ketuk  Penyimpanan lalu Hapus Tembolok .
  5. Ketuk  Kelola Ruang lalu Hapus semua Data .
  6. Buka Google Play Store Google Play.
  7. Tunggu 5 menit, lalu coba unduh lagi.
4. Hapus cache & data Play Store

Metode lain yang juga berfungsi sebagai perbaikan untuk masalah ini adalah dengan membersihkan cache dan data dari toko Google Play yang sebenarnya. Dengan melakukannya, ini memberi aplikasi awal yang baru dan dapat membantu memperbaiki masalah.
  1. Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Setelan  Pengaturan
  2. Ketuk  Aplikasi & notifikasi lalu Lihat semua aplikasi .
  3. Gulir ke bawah dan ketuk  Google Play Store Google Play
  4. Ketuk  Penyimpanan lalu Hapus Tembolok .
  5. Ketuk  Hapus data .
  6. Buka kembali Play Store, dan coba unduh lagi.
5. Periksa koneksi data Anda

Pastikan perangkat Anda terhubung ke koneksi data yang kuat. Lebih baik jika Anda dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil atau jika Anda tidak memiliki akses ke Wi-Fi, pastikan Anda memiliki koneksi data seluler yang kuat.

6. Atur ulang pabrik

Jika semua metode yang kami sebutkan di atas gagal, maka harapan terakhir Anda untuk memperbaiki masalah layanan Google Play ini adalah dengan melakukan reset pabrik perangkat.
  1. Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Setelan Pengaturan.
  2. Cari pengaturan lanjutan atau pengaturan akun.
  3. Cari  opsi Reset pabrik .
  4. Pilih  Reset pabrik .
Catatan : Perhatikan bahwa melakukan metode ini akan menghapus setiap data yang tersimpan di perangkat Anda. Ini termasuk kontak, pesan, gambar, dll. File yang tidak ada di sana saat Anda pertama kali mendapatkan perangkat.

Memperbaiki Kesalahan Layanan Google Play

Layanan Google Play pada dasarnya adalah fitur yang membuat aplikasi yang terpasang di perangkat Anda diperbarui setiap saat dan berjalan dengan lancar di perangkat Android.

Pada model handset terbaru lainnya, kami jarang mengalami masalah dengan Layanan Google Play. Sebagian besar waktu, masalah seperti ini kemungkinan terjadi pada perangkat Android yang sangat lama.

Google mengetahui masalah ini dan rekomendasi nomor satu untuk memperbaikinya adalah memperbarui layanan. Jika Anda tidak memiliki koneksi internet di rumah, maka ini benar-benar bisa menjadi masalah yang tidak terpecahkan.

0 Response to "[Memperbaiki] Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel