Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan Tubuh

 


Sepertinya sudah banyak yang mengenal buah unik yang bernama pare ini. Pare dikenal memiliki rasa pahit dengan warna hijau muda. Saat pohon matang, buah pare akan berubah warna menjadi jingga dan daging yang termasuk biji buahnya berwarna merah cerah dan terasa manis seperti manisan.


Di negara barat pare dikenal dengan nama pare atau labu pahit, karena masih sekeluarga dengan labu. Meski pare muda rasanya pahit, namun tak sedikit juga yang disantap sebagai lalapan. Lalu apa saja manfaat buah pare ini untuk kesehatan?
Pare telah dikenal luas memiliki sejumlah manfaat untuk membantu penderita diabetes, mencegah dan meringankan gejala kanker, mengurangi efek wasir, meningkatkan kesehatan pernapasan, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Memang pare telah terbukti memiliki kualitas anti-inflamasi, anti-jamur, antibiotik, anti-alergi, antivirus, antiparasit, dan ekspektoran. Karena alasan inilah pare menjadi makanan pokok di beberapa budaya di seluruh dunia.


Pare adalah anggota famili Cucurbitaceae, termasuk melon, dan labu. Tanaman pare ditemukan di Afrika, Asia, dan Karibia, dan asal-usulnya banyak disebut dari negara bagian India dan mulai menyebar lebih dari 600 tahun yang lalu.


Buah pare umumnya dipanen sebelum dimasak, dimana buahnya masih pahit-pahitnya. Ciri-ciri buah pare memanjang seperti mentimun, serta permukaannya bergerigi. Jika pare sudah matang bijinya akan berwarna merah dan manis, dan untuk yang satu ini biasanya anak-anak akan menyukainya dan memakannya seperti permen lutut.


Berikut ini manfaat buah pare:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat sayuran pare yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi buah pare. Pare dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah yang dapat menghambat arteri di jantung.


2. Obat Diabetes

Manfaat PARE yang kedua adalah sebagai obat diabetes. Manfaat PARE untuk diabetes adalah dapat menurunkan kadar gula darah dan menormalkannya. Rasa pahit yang di pare menjadi obat insulin atau diabetes. Selain itu, kandungan anti diabetes pada pare dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Penderita diabetes dapat mengkonsumsi jus pare untuk menyembuhkan penyakit Diabetesnya.


3. Mengatasi Asma

Rasa pahit pada pare dan dirasakan oleh indera perasa dapat memperlebar saluran pernafasan. Sangat baik untuk perkembangan kesehatan pada penderita asma. Bagi anda yang menderita asma, mereka mengkonsumsi sayuran pare.


4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat PARE untuk ibu hamil dapat memperlancar pencernaan. Saat hamil memang sering mengalami gangguan pencernaan. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengkonsumsi pare setiap hari. Serat mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan.

 

5. Menurunkan berat badan

Pare juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Manfaat pare untuk diet bisa membuat cepat kenyang dan juga menurunkan nafsu makan. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, masukkan pare pada daftar konsumsi yang wajib dikonsumsi. Bagi yang sedang menjalani program diet dianjurkan untuk meminum jus pare setiap hari. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa mencampurnya dengan madu alami.


6. Memelihara Kecantikan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan, PARE juga dapat menjaga kesehatan kulit. Manfaat pare untuk kecantikan dapat mengembalikan kecerahan kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. Pare mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kulit lebih cantik dan juga glowing.


7. Anti-Kanker

Kandungan antioksidan dalam pare sangat banyak. Antioksidan yang banyak ini dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh Anda.

Nah itulah penjelasan manfaat buah pare untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui sebagai obat tradisional alami yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti diatas yang mengganggu kesehatan kita.