Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Strawberry


Buah Strawberry berasal dari Eropa pada abad ke 18 dan memiliki dua Jenis yaitu strawberry Hibrida dan strawberry liar Di America Utara dan Chili, Buah Strawbery ini berwarna merah, mengandung air, manis dan mengandung banyak Vitamin C, Vitamin B9,  dan Potasium yang layak.

Strawberry ini bisa dikonsumsi Langsung atau bisa dibikin Jus, selai, jellly atau makanan hidangan Penutup.

Nutrisi Yang Terkandung Di Strawberry

Strawbery terutama terdiri dari air (91%) dan karbohidrat (7,7%). Starwberry hanya mengandung sedikit lemak (0,2%) dan protein (0,7%).

Nutrisi dalam 3,5 ons (100 gram) strawberry yang belum matang adalah:

  • Kalori: 32
  • Air: 91%
  • Protein: 0,7 gram
  • Karbohidrat: 7,7 gram
  • Gula: 4,9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Karbohidrat Dan Serat Yang Terkandung Di Strawberry

Strawbery yang segar mengandung banyak air yang sangat tinggi, sehingga kandunga karbohidratnya sangat rendah.  sebagiab besar karbohidrat buah strawbery ini berasal dari gula sederhana seperti glukosa, fluktosa, dan sukrosa. tetapi Memiliki kandungan Serat dalam jumlah yang layak. jadi strawbery tidak menyebabkan melonjaknya gula darah dan dianggap aman untuk penderita diabetes.

Karbohidrat yang terkandung dalam 100 gram adalah kuarang dari 8 gram / 3,5 ons.
Sedangakan Seratnya terdiri dari sekitar 26% dari kandungan karbohidrat strawbery. dari 100gram strawbery menyediakan 2gram serat baik. 

Serat ini dapat memberi makan bakteri ramah di usus sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan. 
Strawbery juga berguna menurunkan berat badan dan membantu mencegah banyak penyakit.

Berikut Manfaat Strawbery Untuk Kesehatan

1. Mengurangi Berat Badan

Siapa sangka buah kecil ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.  Ya, sedikir kalori dan kaya akan serat inilah yang membuat strawbery bisa kamu jadikan untuk menurunkan berat badan secara alami.
Kandungan serat pada strawbery bisa memberikan rasa kenyang bila kamu memakan strawbery sebelum makan. Faktor lainnya adalah adanya kandungan Vitamin C yang bisa meningkatkan metabolisme untuk membakar lebih cepat.

2. Mengurangi Kerutan 

Elastisitas kulit ditingkatkan dengan bantuan dari kolagen yang dihasilkan oleh Vitamin C, Menurut ilmu kedokteran, tubuh manusia kehilangan kolagen saat beranjak tua. Nah, saat elastisitas kulit berkurang, kamu akan terlihat lebih tua dan lebih keriput. Disinilah strawberry bisa kamu jadikan bahan makanan alami dengan memiliki kuantitas tinggi akan Vitamin C yang akan memberikan kulit terlihat lebih muda.

3. Rambut Sehat Berkilau

Selain untuk kecantikan manfaat strawbery juga bisa mencegah kerontokan pada rambut. Hal ini dikarenakan adanya nutrisi efektif untuk mencegah penipisan rambut, ketombe, dan infeksi jamur. Banyak orang menggunakan buah strawberry untuk dijadikan sebagai perawatan rambut dan menerapkan pada kulit kepala untuk mendapatkan rambut berkilau dan sehat.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung 

Starwbery memiliki antioksidan seperti anthocyanidin membantu untuk mencegah pembentukan kolesterol jahat. Hal ini juga memberikan efek anti inflamasi yang baik bagi keshatan Jantung.

5. Melawan Kanker

Manfaat Strawbery berikutnya adalah bisa melawan kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam ellagic dalam strawbery. kandungan ini memainkan peran penting dalam menekan pertumbuhan sel kanker.

Seiring dengan ini, ada juga kandungan antioksidan yang membuat kanker menjauh, Vitamin C pada strawbery juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dengan demikian juga bisa melawan sel-sel Kanker.

6. Meningkatkan Memori (Otak)

Dalam buah stawbery terdapat falvanoid yang disebut dengan fistein, kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan memori, dengan memakan dua atau lebih buah strawbery dalam seminggu dapat membantu meningkatkan memori otak kamu.

7. Mengurangi Resiko Katarak

Rajin minum jus strawbery dapat menjaga kesehatan mata Anda, serta menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula dan katarak. Manfaat ini didapat berkat kandungan vitamin C dalam strawbery. Vitamin C mampu melawan radikal bebas sekaligus membentuk kolagen, yang merupakan senyawa penyusun struktur kornea mata.

8. Mengurangi Peradangan

Selain meningkatkan data tahan tubuh, jus strawbery juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi berbagai peradangan dalam tubuh, termasuk peradangan pada sendi dan peradangan lain akibat infeksi maupun alergi.

9. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi 150 gram strawbery sudah dapat mencukupi kebutuhan Vitamin C harian anda. Terpenuhinya kebutuhan Vitamin C tubuh akan mendukung kerja sistem kekebaan tubuh.
Dengan rutin mengkonsumsi buah strawbery baik dalam bentuk buah maupun jus daya tahan tubuh Anda akan lebih kuat, sehingga tdak mudah sakit dan lebih cepat pulih dari penyakit.

10. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Buah Strawbery memiliki kandungan Vitamin C dan asam elagik yang baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mencegah penuaan dini. Kedua kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak jaringan kolagen. Jika kolagen rusak akan timbul garis-garis halus pada kulit. 

Sebagai tips tambahan Anda juga bisa mengoleskan jus strawbery pada kulit wajah untuk mendapatkan manfat ekstra. Caranya, cukup oleskan sedikit sisa jus strawbery ke permukaan wajah, diamkan selama 8-10 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air.

Sekian Rangkuman Manfaat Buah Stawbery Untuk Kesehatan Semoga BerManfaat ! Terima Kasih!