Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Split Screen Dengan Mudah

Cara mengatasi split screen

Mode layar terpisah atau split screen adalah salah satu mode yang bisa sangat berguna untuk beberapa pengguna Android. Karena kita bisa membagi layar menjadi dua bagian dan membuka dua aplikasi sekaligus.

Ini bukan hanya tentang membukanya, karena kedua aplikasi akan muncul di satu layar. Split screen atau layar terbagi membagi layar menjadi dua bagian. antara bagian atas layar dan bagian bawah layar. Pengguna dapat mengatur aplikasi mana yang ingin mereka buka di bagian atas atau bawah.

Rata-rata aplikasi yang dibuka pertama kali akan berada di urutan teratas. Dan aplikasi yang dibuka setelah aplikasi pertama akan berada di bagian bawah. Selain itu, pengguna dapat mengatur lebar yang tidak sama antara layar aplikasi.

Masalahnya sekarang adalah terkadang ketika Anda ingin menggunakan mode ini ada peringatan bahwa aplikasi tidak mendukung layar terpisah atau aplikasi tidak mendukung layar terpisah. Jika aplikasi tidak mendukungnya, layar tidak dapat dibagi menjadi dua bagian.

Jadi bagaimana memecahkan masalah ini? Atau bagaimana kita tahu aplikasi mana yang tidak mendukung mode splite screen atau layar terbagi? Untuk mengetahui semuanya, Anda bisa membaca artikel yang akan saya bahas sampai akhir kali ini.

Penyebab Tidak Bisa Menggunakan Split Screen


1. Aplikasi Tidak Mendukung Layar Terpisah


Yang pertama adalah bahwa aplikasi tidak mendukung layar terbagi atau layar terbagi. Ini adalah aplikasi yang Anda buka sekarang yang tidak mendukung ini. Bahkan jika dibuka untuk pertama kalinya, jika tidak mendukung fungsi layar terbagi, tidak ada yang bisa dilakukan.

Beberapa aplikasi yang tidak mendukung mode layar terbagi atau layar terbagi adalah aplikasi sederhana yang jarang diperbarui. Meskipun aplikasi populer seperti aplikasi media sosial, browser, atau aplikasi perpesanan semuanya memungkinkan.

2. Aplikasi kedua tidak mendukung

Pertanyaan selanjutnya adalah aplikasi mana yang ingin Anda buka bersamaan dengan yang pertama. Misalnya, aplikasi pertama yang berhasil Anda pisahkan dan perbesar di atas kemudian ingin membuka aplikasi kedua.

3. Aktifkan Pengubahan Ukuran Aplikasi


Setelah mencobanya, aplikasi kedua tidak mendukung layar terpisah. Jika sama seperti sebelumnya, tidak ada yang bisa Anda lakukan. Anda harus mencari aplikasi lain yang mendukung layar terbagi.
Solusi terakhir didedikasikan untuk pengguna Xiaomi. Ponsel Android selain Xiaomi, seperti Samsung, OPPO, vivo, Nokia, dll, tidak tahu apakah mereka memiliki fungsi ini. Jadi langkah pertama adalah pergi ke opsi pengembang.

Setelah di opsi pengembang, aktifkan opsi paksa aktif untuk mengubah ukuran. Setelah itu, restart perangkat jika perlu. Jika Anda telah menginstal semua aplikasi, Anda dapat menggunakan layar terbagi atau layar terbagi.

Cara Memunculkan Split Screen 

  1. Kalian Unduh aplikasi Split Screen di Playstore. 
  2. Buka aplikasi split screen. 
  3. Pilih Aktifkan aplikasi split screen. 
  4. Ijinkan aplikasi screen untuk berjalan di belakang layar. 
  5. Setelah itu masukan ke pusat kontrol layar
  6. Dan pilih shortcut aplikasi split screen. 
  7. Selesai anda bisa menggunakan splite screen. 
Berikut beberapa alasan dan solusi mengatasi aplikasi yang tidak mendukung mode split screen. Fitur split screen sangat berguna, terutama bagi mereka yang sering berpindah-pindah data dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.